Minggu, 18 September 2011

5 Tips Penting Sebelum Anda Membeli Laptop



5 tips penting sebelum membeli laptop merupakan artikel yang terinspirasi oleh pengalaman teman saya yang kecewa setelah membeli laptop. Dari kejadian tersebut saya mencoba berbagi kepada Anda agar tidak mengalami hal yang sama seperti yang telah dialami teman saya.

Teman saya membeli laptop beberapa hari yang lalu seharga 5 juta, saya rasa bukan harga yang terlalu mahal untuk sebuah laptop. Dia memutuskan untuk membeli laptop tersebut karena dirasa telah memenuhi spesifikasi yang dia idam-idamkan. Namun sayangnya, teman saya yang satu ini kurang paham mengenai serba-serbi laptop. Laptop yang dibeli itu masih kosongan, alias belum ada OS-nya, sehingga ia harus membeli OS lagi seharga 900 ribu (sekaligus proses instalasinya). Sesampainya di rumah, ada bebrapa fitur dari laptop tersebut yang tidak berfungsi, yaitu webcamnya.

Dari kejadian ini, ada beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop.

5 tips penting sebelum membeli laptop:

Lakukan riset harga laptop beserta spesifikasinya
Hal ini dapat Anda lakukan secara offline dengan mengunjungi pusat perbelanjaan IT atau secara online dengan melihat-lihat harga di portal dagangan seperti Bhinneka dan sejenisnya.
Sesuaikan budget dengan harga laptop yang Anda inginkan
Ini sangat penting ketika budget Anda tidak mencukupi untuk membeli laptop impian Anda, sehingga Anda dapat mencari laptop dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah dibawahnya.
Belilah di toko-toko yang trusted
Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya penipuan.
Perhatikan garansi dan service center
Dengan adanya garansi dan service center yang jelas, maka Anda bisa mengadukan keluhan apabila terjadi kerusakan atau cacat pada laptop, maka Anda akan mendapatkan ganti dengan yang lebih baru atau layanan service gratis selama masa garansi.
Sebaiknya Anda pilih laptop yang sudah terinstall OS didalamnya
Jika Anda tidak terlalu paham mengenai serba-serbi laptop, seperti hardware, software, driver, dsb. Sebaiknya Anda memilih laptop yang sudah terinstall OS di dalamnya, sehingga ketika Anda sampai di rumah, Anda tinggal menggunakannya. Tidak perlu mikir lagi driver yang tidak berjalan atau masalah lainnya.
Kalau Anda ingin mengisntall ulang, Anda tinggal klik saja, maka laptop Anda akan secara otomatis berubah ke kondisi pabrik (reset total). Namun ya begitu, harganya terpaut sedikit mahal dengan laptop yang memiliki merek dan tipe sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar